Redesain Logo PSM MAKASSAR

Postingan pertama di tahun ini saya coba untuk me-redesain logo sebuah klub sepakbola yang sudah tidak asing lagi di dunia sepakbola Indonesia, yaitu PSM Makassar.

Why?
Kenapa PSM Makassar? Good question. Karena PSM Makassar adalah sebuah klub yang cukup mempunyai nama besar di dunia sepakbola Indonesia. Dan menurut saya seperti kebanyakan klub-klub sepakbola di Indonesia lainnya (sebetulnya gak hanya klub sepakbola aja, sih), PSM Makassar masih menggunakan -saya menyebutnya- logo orde baru sebagai indentitas klubnya (sotoy mode: on).

Logo Original PSM Makassar

Redesain
Oleh karena itu, saya berpikir dan coba untuk me-redesain logo klub yang berjuluk Juku Eja ini agar lebih simpel dan berkesan up-to-date. Kira-kira seperti inilah hasil redesain yang (menurut saya) jauh dari kesan logo gaya orde baru (tanpa bermaksud menggurui). :)  

Logo PSM Makassar by Me

Saya tidak merubah dasar filosofi yang ada pada logo original PSM Makassar, saya hanya melakukan penyederhanaan elemen filosofi yang ada pada logo tersebut, seperti:
  • Tameng dan Benteng yang sebelumnya terkesan terpisah, saya jadikan satu menjadi tameng yang meruncing dibagian bawah dengan bentuk benteng yang lebih simpel di sebelah atas.
  • Kapal Pinisi yang menjadi kapal kebanggaan orang Sulawesi (khususnya), saya sederhanakan menjadi siluet berwarna putih dengan ditambah gelombang laut yang berwarna biru.
  • Padi dan Kapas, saya buat lebih sederhana dengan desain dan posisi yang berbeda dan berada di luar tameng.
  • Teks PSM, saya tempatkan di ruang kosong pada masing-masing pilar benteng. 
  • Teks Makassar, saya tempatkan di bawah gelombang laut.
  • (Plus) Outline berwarna emas yang saya kira cocok untuk disematkan bersama logo Ayam Jantan dari Timur yang sudah malang-melintang sejak 2 November 1915 di dunia sepakbola Indonesia ini.
That's all, the things in my mind...semoga bermanfaat... \,,/_


Squad PSM Makassar 2011 dengan logo baru

 
PSM Makassar head-to-head dengan Bogor Raya FC (salah satu klub dengan logo yang saya sukai)


 Amatuer Words
Logo orde baru: Logo-logo yang banyak dipengaruhi oleh dan dibuat pada saat era orde baru, seperti logo yang kebanyakan berlambangkan segilima, pohon beringin, padi dan kapas, etc. Dan menggunakan desain yang berkesan hampir sama dan monoton, juga biasanya berafiliasi dengan pemerintah. (Helmi Priandhani - Amateur GD) 
 Amateur Project
Saat ini saya sedang men-tracing klub-klub peserta Liga Primer Indonesia, yang nantinya saya posting di blog ini dan saya berikan file vectornya secara cuma-cuma. Doakan semoga cepat selesai. :) Tapi saya agak bingung untuk menentukan logo resmi masing-masing klub, karena satu klub saya temukan mempunyai lebih dari satu logo. Ada yang bisa kasih masukan?

9 comments:

  1. LOGO redesignnya lebih "BERKARAKTER"

    ReplyDelete
  2. @prof ijo:thanks. ini prof ijo punk jutee, yak? blog baru nih?!

    ReplyDelete
  3. Setuju dg Prof Ijo, memang lebih berkarakter dan hidup dan berani. Menggambarkan orang Makasar yg memang berjiwa pelaut.. Keren

    ReplyDelete
  4. he..he....iya Bro.., kebetulan pas komen pake akun satunya lagi :)

    Gimana kabarnya? masih di bekasi kah?

    ReplyDelete
  5. good job bro. biar nggak klah dengan logo klub2 terkenal macam MU, Arsenal, Ajax, dlll

    ReplyDelete
  6. bagus ces... sayangnya kalo aku sih kurang sukanya kerning antara huruf P - S - M terlalu over. terpisah di dalam 3 jari benteng dan lebih spotlight kepada huruf S. jadi kalo dibaca pun seperti ini "Peeeeeee----ESSSssss----Emmmm" atau "Pee---ESsssssssss---Mmm" bukan "PeEsEm" hehehe... just IMHO yah ces, soalnya waktu kuliah dulu dapat Tipografi, untuk singkatan kata. perbedaan kerning yang mencolok dapat menghasilkan perbedaan arti sebenarnya. kalo gampangnya sih selalu ada jeda antara paragraf 1 dan 2. :)

    secara keseluruhan ini good looking ces.

    ReplyDelete
  7. Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
    tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

    ReplyDelete

Powered by Blogger.